Ke 2 Hutan Depok

tvri

Umumnya orang hanya tahu kalau hutan di depok adalah hutan yang ada di kampus UI, tapi sebenarnya ada hutan lain, tapi tidak populer saja.
Untuk mengecek keberadaan hutan lain di Depok, maka dilakukan ekspedisi gowes menemukan hutan lain di Depok.

Menghindari jalanan utama, gowes melipir masuk jalanan tikus, kadang masuk jalan gang kecil sehingga harus ditutun. Traffic bisa dihindari tapi gowesan jadi lama, jalanan kecil berbelok belok, banyak polisi tidur, jalanan berlubang lubang.

Akhirnya sampai juga di hutan pertama ; Studio Alam TVRI Depok. Luasnya lebih dari 25 hektar. Di dalam lokasi ini sangat asri dan udaranya sangat segar, bahkan ada area hutannya yang cukup lebat dengan bukit kecil. Ada beberapa tempat setting shooting film. Tidak tahu apakah masih sering dipakai atau tidak. Disini juga ada area danaunya. Disini dulu pernah dipakai shooting film ACI (Aku Cinta Indonesia) tahun 80-an. Kalau mau piknik disini enak juga kayaknya. Kalau dibuat track sepeda XC mantap juga disini, karena hutannya masih lebat dan kontur tanahnya berbukit.

Disekeliling studio alam ini sudah penuh dengan komplek komplek perumahan. Setelah rehat sejenak disini, gowes dilanjutkan lagi.

IMG_5910

rumah antik di studio alam TVRI

IMG_5919

properties shooting zaman dahulu .. termasuk kudanya

IMG_5923

ada area hutan lebatnya di sini

IMG_5946

di pinggir danau …. sambil rehat

studio alam tvri

Posisi hutan ke 2 ini tidak terlalu jauh dari Studio Alam TVRI. Lokasinya sudah dikepung oleh perumahan padat. Hutannya menurut saya hanya tinggal seuprit. Miris sekali melihatnya selain kondisinya, juga nama besarnya Taman Hutan Raya (TAHURA) Depok atau biasa juga disebut Cagar Alam Pancoran Mas.

Padahal berdasarkan info yang saya dapatkan dari internet ;
Tahura ini adalah peninggalan Belanda dan konon merupakan cagar alam pertama di Hindia Belanda. Dahulu luasnya 30 ha, sekarang tersisa 6 ha.
Dahulu disini ada ; kijang, macan, monyet, kancil, rusa, bangau putih, kelinci hutan dan berbagai jenis burung. Semua itu hanya tinggal kenangan.

IMG_5964

sisi Tahura Depok yang sudah padat

IMG_5967

sisi lain yang juga padat

cagar alam depok

Tahura Depok yang secuil di kelilingi perumahan yang padat

 

Gowes baliknya supaya cepat melalui jalanan utama, sehingga speed bisa di atas 20-an km. Sampai kerumah lebih cepat dengan jarak tempuh total 68,2 km.

 

Koordinat google maps

Tahura Depok  -6.407467, 106.813872    dan   Studio Alam TVRI -6.900805, 107.764435

Kamis 2 Januari 2014

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s