Curug di Bekasi, Curug Parigi

Slide1

Di Bekasi ada curug ….??
Saya juga terkejut … mungkin tampang terkejut saya cocok jika di zoom in .. zoom out .. zoom in zoom out (mode sinetron on).
Namanya Curug Parigi, letaknya di Cileungsi, Bekasi. Tidak jauh dari Jalan Raya Narogong.

parigi2

air coklat … khas sungai perkotaan

Langsung saja saya menyiapkan segala hal yang di perlukan untuk ekspedisi menemukan curug ini. Hari H-nya berangkat … jam 6 kurang sedikit … di jalan baru ngeh … lupa ambil cyclo comp dan lupa juga pakai sarung tangan …

…. lupakan…. langsung gowes terus …
Dijalananan tidak ada yang spesial … gowesnya masuk masuk jalan jalan kecil dan masuk masuk daerah perumahan … jadinya jalan sepedanya tidak bisa cepet cepet …
Akhirnya sampai jalanan Narogong raya bekasi.
Berdasarkan panduan GPS, dari jalan raya narogong ini berbelok masuk ke jalan berbatu batu lepas, yang di apit pabrik kiri dan kanan. Setelah lewat pabrik …. terhamparlah dataran tanah merah yang sudah di ratakan … tidak tahu berapa hektar.

Saya terus kayuh sepeda …. melewati sedikit kampung yang tersisa atau belum di bebaskan … setalah itu kembali hamparan tanah merah … terdengar suara air yang bergemuruh …

Saya belokkan sepedanya ke hamparan tanah merah … terlihatlah .. curugnya ada di bawah …
Berhubung mulai masuk musim hujan … debit airnya lumayan besar.

Curug ini … mungkin tingginya sekitar 2 m-an, memanjang … seperti niagara versi micro-nya …he he he..

Slide3

rumah2 itu adalah perumahan Vila Nusa Indah

Slide4

banyak ikan sapu sapu

parigi3

lumayan lebar juga curug ini …

Slide6

hamparan tanah merah ini … akan menjadi apa nantinya ??? bisa menutup akses ke curug

parigi2

Kelihatannya curug ini seperti dilupakan ..
Di seberang sana .. adalah perumahan Vila Nusa Indah 5. Yang terlihat hanyalah tembok tembok belakang perumahan ..
…. paling enak untuk ke curug ini melalui jalan yang saya lalui … melalui jalan raya narogong … tapi kemungkinan nantinya aksesnya akan sulit … tertutup … tidak tahu .. hamparan tanah merah yang diratakan ini akan menjadi apa ; perumahan atau pabrik ?

Jadi ayo … cepat ke sini …
sebelum jalan aksesnya tertutup dan makin dilupakan ..

lokasi koordinat GPS Curug Parigi -6.342602, 106.970430

Bekasi, 3 November 2013

54 thoughts on “Curug di Bekasi, Curug Parigi

  1. Wanjing!
    Saya berkata demikian karena takjub! (No problem, kan? hehehe)

    Sejak saya kecil tinggal di Bekasi, saya belum menjelajahi lebih lagi kota saya sendiri. Itu juga karena minimnya info. Kini ada blog agan yg bagi saya truly inspiring! Passion explore saya jadi menyala setelah tahu ada curug ini.

    The questions are:
    Bagaimana agan bisa tahu tempat seperti ini?
    Kalau saya bawa motor, bisakah lewatin tanah yg mirip Mars itu?

    “Leave nothing but footprints. Take nothing but pictures. Kill nothing but time”

    http://makanangin-travel.blogspot.com/

    • he he … saya pertama kali terkejut juga.
      curug ini kebetulan saya temukan setelah gogling di internet kesana kemari dengan berbagai topik tentang bekasi.

      tanah merah ini bisa dilalui dengan motor, tapi kalau musim hujan … kayaknya akan sulit dilalui. jadi parkir di suatu tempat dan berjalan kaki saja.

      • Lapor, gan!

        Sabtu kemarin saya sudah ke TKP. Namun, sedikit kecewa gara2 warna airnya jadi coklat comberan… Hahaha
        Saya bingung bagaimana ente bisa bawa sepeda turun ke bawah. Padahal saya kemarin harus turun pelan2 tanah merah dengan kemiringan ekstrim.

        At least, perjalanannya seru juga!

  2. Selamat … akhirnya sudah menyunjungi curug parigi.

    he he … sungai di daerah Bekasi kita ga bisa expect airnya jernih …
    karena niat kali ya … dan kalau di tinggalin di atas .. perasaaan ga aman. jadi sepedanya saya tuntun turun ke bawah, kebetulan tanahnya kering, jadi relatif lebih mudah … walaupun susah juga sih ..

  3. Sabtu 3 Januari 15 saya gowes kesana om, start dari taman galaxy bekasi kami ber4 dari Cikas Cycling Community menyusuri jalan raya pekayon – masuk perkampungan dan keluar di jln raya narogong..cuaca mendung. Kurang lebih 1 stengah jam kami sampai di TKP, benar om untuk akses masuk ke tkp tidak terlalu terlihat karena ada gedung (pabrik) didepan mulut gang..kemudian masuk sedikit jalan kampung dan ketemulah dengan hamparan tanah merah yg kebetulan masih basah karena hujan, dari situ sudah terdengar suara gemuruh air dan..luar biasa dibalik pepohonan ada micro niagara (seperti yg om bilang) di Bekasi dan kita mesti “manggul” sepeda untuk turun ke lokasi karena posisi nya ada dibawah.

    Thx

    • Sampai juga ke micro “Niagara” ya …. He he ….
      Dari cerita om adibwib …. berarti Kondisinya masih sama … tanah merah kosongnya belum di bangun.
      Perjuangan panggul2 sepeda kebawah .. nanti di bilangin orang kurang kerjaan 😀
      kalau gowes barengan komunitas mesti panggul2 tetap asyikkk
      komunitas sepeda di perumahan saya sudah bubar jalan … makanya saya jadi kluyuran sendirian
      salam gowes buat Cikas Cycling Community .. tetap gowes supaya selalu sehat dan ….. tetap kompak

  4. Kemaren minggu 8 maret 2015, saya dan teman2 baru dari sini om. lumayan juga sih tempatnya. tanah merahnya udah ditumbuhi ilalang.

  5. kemarin saya ke sini nih (23.03.2015), tapi krn habis hujan deras, curugnya jadi ga keliatan krn ketinggian sungainya juga naik.
    dan ga bisa turun kebawah krn airnya pasang.

  6. saya sudah mengunjungi curug ini, lokasi tidak begitu jauh dari pasar bantar gebang *saya dari arah bekasi kota. dari beberapa sumber dan gadget *internet dll. sampailah dekat pangkalan 5 , bertanya warga sekitar, menyusuri gang lalu pabrik, dan masih ada tanah merah juga ilalang2 dikanan kiri jalan, dan dikanan jalan itu lah spot nya *menurut warga sekitar, ada dibawah.. lekas segera tancap gas dengan motor dan rekan saya, parkir.. melihat mendengar air gemericik dengan lembut makin membuai *maklum org norak, tapi ditempat ini emang wajib norak, krn ini keren.. airnya lumayan sedang surut sedikit jadi bisa puas kesana kemari tak ada halangan apapun (alhamdulillah) dan saya berjumpa dengan warga lokal *anak2 kecil disana yg menjadi “pemandu” saya supaya bisa naik keatas air terjun nya.. dan alhasil wohooo!! good view , and thank God to make it happen.. foto2 bisa silahkan dikunjungi di instagram saya @gawiphoto atau bisa klik and search di google. senang bisa berbagi cerita.

    • curug keren di bekasi ….
      ga apa2 norak kalau menemukan tempat seperti ini di bekasi
      kalau di foto oleh photographer pasti jadi lebih keren ,,, jadi makin banyak orang yang mau kesini

  7. barusan ada temen yg ngajak ke sini om, lumayan juga ya micro niagaranya, tapi airnya pasti ga seger kan ya…secara di belakangnya ada perumahan. tapi buat poto2 lumayan banget d

    • kalau airnya sih sudah melewati puluhan kampung dan beberapa kota … gimana gitu …
      kalau angle-nya bagus … fotonya keren2 .. ada punya temen keren bener pakai format panorama

  8. dan saya baru tau ada curug ini…
    berbekal info dari temen dan hasil googling akhirnya nemu blog si om yang isinya tentang spot unik tentang bekasi yang kayanya wajib di datengin.
    kayanya bakal jadi fans blognya si om nih :’)

  9. @om satrio
    di sekitar pondok gede kranggan, yang saya tahu dan pernah saya kunjungi ; kraton pasarean mbah buyut kranggan (makam) dan sumur binong (air keramat). kalau tempat lain di area bekasi al ; saung ranggon, sumur awisan, setu cibereum , situ abidin …..dll-nya bisa di cek di kategori Bekasi.
    kalau ada tempat menarik di bekasi yang om satrio pernah kunjungi tolong di share aja om ….

    • kalo kraton pasarean pernah lewat tuh waktu nyasar pas habis nganter ibu belanja di pasar kranggan hehehe
      hmmmm tempat menarik apa yah… paling rumah dosen saya om di daerah kranggan 😀
      deket situ ada peternakan sapi perah, eh tapi daerah sini emang banyak peternakan sapi yang posisinya rada ngumpet sih :p

      • trimakasih infonya om satrio, saya baru tahu kalau di kranggan banyak peternakan sapi.
        teman saya tinggal di daerah kranggan lembur, saya pernah kesana, areanya masih seperti di kampung dan ada yang menggerakkan untuk menjadi kampung mandiri dan meningkatkan perekonomian warga disana

  10. kalo pake motor di parkir di mana om motornya? kalo masuk ke lokasi tanah merah motor bisa aman untuk di parkir?

    • tanah merah itu kondisi tahun 2013, kalau saat ini berdasarkan info dari comment yang masuk, sebagian sudah ditumbuhi ilalang.
      motor bisa mendekat tepat di atas tebing yang dibawahnya ada curug. Lokasinya memang sepi jauh dari perkampungan, tapi biasanya suka ada pemancing yang parkir motor disana. Ya … relatif amanlah om …

  11. Gileee gan, saya gtw mau ngomong apa ama info curug ini, saya 24thn tinggal di bekasi gtw curug itu, dia yg tinggal di tangerang sm pasar rebo ngoyoh mau maen kesitu, saya ajak ke bogor gmw, yg ada aye suruh jd pemandu jalan.. Wah pie?? Kalau mobil g bakal msk, naik motor kurang 1, orgnya kan bertiga, kalau jln kaki dr pasar btg jauh g?? Bsk nh rencana kesananya.. Ngeri gda hasil kalau jln jauh2 😒

    • sekarang curug parigi semakin terkenal …. jadi mulai banyak yang bermain ke sini.
      sebetulnya naik mobil bisa mendekati ke curugnya. Jalannya bisa masuk untuk dua mobil dan tidak ramai. Parkir aja di tempat yang enak … karena sekitarnya adalah tanah kosong … mungkin sekarang sebagian ditumbuhi ilalang. kalau pasar btg … maaf saya kurang tahu lokasi pasar btg itu dimana.
      Biasanya orang di daerah sana lebih mengenal dengan nama curug pangkalan lima.
      Pokoknya kalau sudah sampai di jalan narogong raya tinggal tanya saja jalan pangkalan empat, pokoknya kalau sudah lihat PT Hakapole atau Mitra Baja artinya sudah dekat.
      Selamat jadi guide …

      • Tadi sudah kesitu, sayang airnya hitam n lg musim kemarau, kita juga masuk salah jln, kita malah lewat vila nusa indah 5, so karena sudah sore sm kecapean kita lanjut jalan2 ke kota wisata aja ternyata danaunya juga kering, hmmm jd gbs bangain bekasi deh 😞😣 lupa g kepikiran ajak ke taman kemang, lumayan bagus juga tuh

      • Padahal sudah dijelaskan berulang2 lewat pangkalan 5 dan ada lokasi koordinat GPS Curug Parigi -6.342602, 106.970430 tapi saya sotoy 😁😄😃

  12. kalo yang prewed sih kayaknya belum ada tuh om..tapi emang pas terakhir saya kesitu udah dibikin buat parkiran walaupun belum permanen. kayaknya warga sekitar mulai serius mengelola tempat itu

  13. gan waktu itu gw kesono pertama tama sih bagus,tapi waktu gw ke air terjunnya byk sekali busa busa yg baunya enek bgt,mw nanya itu sebenernya appan sih.tp klo soal pemandangan sm keindahan puas bgt gan.

    • sayang ya …. kondisi sungai di daerah perkotaan memang begitu ,,,, banyak pencemaran …
      busa2 itu saya tidak tahu apa penyebabnya … mungkin bahan2 kimia dari limbah pabrik atau detergent dari rumah tangga …

  14. Halo agan bersapedahan!
    Sumpah, gara-gara cerita blog ini n ditambah juga artikel serupa di blog saya, sekarang Parigi jadi mainstream parah! Wwkwkwkwk

    Kondisinya mungkin uda kayak wisata pada umumnya, tapi saya belom liat lagi ke sana.
    Agan sendiri gimana, udah liat kondisinya yg akhir-akhir ini?

    “It’s not just about the destination, but the journey”

    • halooo agan Makan Angin ..

      Sudah lama banget tidak kesana. Denger2 sih sekarang sudah banyak warung disana dan makin banyak orang datang. wah kebayang dulu ya .. waktu kita awal2 kesana .. sepi .. seperti tempat jin buang anak .. 😀

      Kelebihan internet bisa menyebarkan informasi dengan cepat dan dengan saling sharing maka semakin banyak orang yang tahu ..
      Mudah2-an dengan jadi tempat wisata mainstream jadi lebih diperhatikan pemerintah dan dikelola dengan baik, terawat .. tidak malah semakin kumuh

  15. Ping-balik: Curug Yang Terlewatkan di Sentul – Curug Cigede / Leuwiasih |

Tinggalkan Balasan

