Gowes ke Pemandian Sodong Cileungsi

Slide1Dari semalam sudah berketetapan untuk gowes ke Pemandian Alam Sodong, di daerah Cileungsi.

Dari semalam sudah siap siap …. jam 19-an … hujan lumayan deras …
Wah gimananya … niatnya jam 5 pagi sudah beerrr dari rumah. Supaya sampe lebih pagi dan balik ke rumah lagi lebih cepat.

Slide2Besoknya jam 5 kurang … koq gelap banget … hujan lagi ga ..

Tidur-tiduran lagi … sholat subuh … akhirnya setelah makan 2 buah biskuit … berangkat jam 5.30-an lewat. Udara terlihat sedikit mendung … tapi feeling saya bakalan cerah.solo riding …
Kalimalang cukup sepi .. ketemu yang sepedaan arah ke cawang hanya ada beberapa.
Masuk daerah jalan raya narogong … tidak terlalu rame juga … tapi di beberapa titik tercium aroma “amis asem … sepet” … bau sampah … truk sampah yang menuju Bantar Gebang sudah ada beberapa yang lewat.

Gowes santai saja .. diusahakan konstan di 20-an km.
Setelah melewati beberapa alpamart dan indomaret yang masih tutup … akhirnya ada yang buka … pitstop dulu disini … beli beberapa roti dan pocari … makan dulu roti supaya ada tenaga .. lalu lanjut lagi ..

Jam 7.30-an sudah sampe di perempatan trans yogi cibubur, jalanan masih sepi …
Setelah melewati Gedung Graha Garuda Tiara … mulai belok kiri ke jalanan desa … jalanan beton .. tapi lama lama jadi ancur … dan hanya jalanan tanah merah … untung masih ada batu batuanya sehingga tidak tanahnya tidak lengket di ban.

Akhirnya ketemu jalanan desa yang lumayan besar .. jalan aspal .. di beberapa tempat ..lubangnya lumayan besar besar … belok lagi ke arah kanan … jalanannya aspal hotmix mulus … wewww …
Tapi tidak lama jalanan yang membentang melintasi pesawahan ini .. hancur lebur … dikejauhan .. diujung terlihat deretan gunung … mengingatkan seperti Bukit Barisan di Sumatera. Di daerah pegunungan tersebut .. pemandian Sodong berada.
Menurut saya ini kemungkinan pegunungan kapur … karena yang diujung sebelah kanan atau barat, gunungnya sudah di potong potong di jadikan bahan baku untuk pabrik semen.

Slide3

sebagian jalanan hancur

Terus saja gowes … menikmati udara pagi … hanya ada petani dan penggembala sapi …

Pas saya lihat ke arah tengah tengah sawah .. nun jauh di sebelah sana … koq ada seperti benteng besar …. disini …. bikin herman …. kayak di film film … koq ada benteng megah ….. benteng atau tempat diklat ?

Slide4

apa ya .. gedung besar di tengah2 sawah ?? dan koq … ada awan hitam di atas ya ..

Tetap .. saya gowes … jalanan berubah menjadi aspal hotmix mulus lagi … asyikkk …jalanan sepi banget …. jalanan mulai landai menanjak … di daerah sini saya perhatikan ada beberapa kebun kebun besar … yang sudah di pagar pagar … kayaknya milik orang kota … ada rumah seperti rumah peristirahatan.

Saya mulai geber gowesnya … mulai mendekat ke gunung … jalanan menanjak melewati bukit kecil … cukup bikin ngos ngos-an, lalu menurun … agak di kebut … dan tepat di belokan .. di sebuah desa kecil … ada kolam tepat di pinggir jalan … oh … ini dia yang namanya Pemandian Sodong, di sana ditulis pakai cat Shodonk supaya lebih gaul …

Allhamdulillah akhirnya sampai juga … berarti letaknya masih di kaki pegunungan.
Tempatnya rindang .. ada pohon besar … yang berenang hanya ada sedikit 4 – 5 orang … ada wanita kampung yang lagi gosok gigi di pinggir kolam. Ada juga orang yang cuci motor. Di area pinggir pinggirnya banyak warung warung, tapi masih tutup.

jam 8.30-an dan km di sepeda menunjukkan 38 km-an.

Slide5

suasana di sekitar pemandian Sodong

sodong3

rimbun dan adem 

Sambil rehat .. saya perhatikan .. airnya muncul dari tanah yang sudah di cor semen, mungkin itu mata airnya. Tak afdol … jika tangan tidak menyentuh airnya … airnya dinginnnn …

Setelah puas beristirahat, saya melanjutkan perjalanan pulang .. ketemu beberapa pesepeda yang kemungkinan tujuannya ke arah pemandian Sodong.

Penasaran dengan benteng yang di tengah sawah, akhirnya mumpung disini saya putuskan untuk kesana … jalanannya jelek sekali .. bisa dikatakan hancur …

Akhirnya tiba di benteng tersebut … ada beberapa pekerja yang sedang bekerja … benteng ini terdiri dari beberapa blok dan section section … dibuatnya memang wah …. tapi saya tidak boleh masuk ke dalam, jadi hanya di luarnya saja … setelah tanya tanya ke pekerja … “ini apaan sih pa ?” dengan tampang herman …. “ini tempat set shooting film film kerajaan…” “kemarin di pakai shooting sinetron Damarwulan …” Ajegile … tempat shooting …. keren benerrrr …. , kebayang abis berapa puluh M buat beginian. Weleh weleh …. Bagus banget jika dipakai juga untuk photo prewed he he ….

Slide6

Slide7

mau shooting di gua …

Slide8

pilih mau benteng jenis apa ….

Setelah puas lihat sana sini … dan berhubung juga panas … akhirnya saya gowes balik …

Dan tiba di rumah dengan selamat jam 11.30-an.

sodong


Pemandian Sodong, desa Linggarmukti, Klapa Nunggal, Cileungsi

Koordinat google maps Pemandian Sodong  -6.488784, 106.988546

Koordinat google maps Set Shooting Film -6.465403, 106.983521

Minggu 21 Oktober 2013

Iklan

15 thoughts on “Gowes ke Pemandian Sodong Cileungsi

  1. Om, boleh di share rute nya dong… terutama setelah melewati gedung Graha Garuda Tiara. Belok kirinya dimana ya om? masih inget nama jalannya om? Matur nuwun ya om

    • om Lutfi,
      Dari eks gedung Graha Garuda Tiara sekitar 11 km-an. Masuknya dari jl Akses Desa Dayeuh (ada Indomaret dibelokannya), terus masuk melewati SMK Muhammadiyah 2 Cileungsi. Tanya arah ke pemandian sodong, kalau tidak tahu tanya jl cikahuripan bojong atau perumahan vila cileungsi asri 2 atau bisa juga Perumahan Bumi Kahuripan indah. Kalau sudah sampai disana tanya lagi ke pemandian sodong (sekitar 6 km-an lagi). Nanti akan melewatin jalan kiri kanan sawah yang panjang sampai ke pemandian sodong-nya.

  2. terima kasih atas infonya om…. sangat bermanfaat…. saya baru saja gowes dari radar auri cimanggis ke sodong pake koordinat yg om kasih…. berangkat jam 6 pagi sampe rumah jam 12.30 dan anggota tim pada tepar heheheh….

    salam kenal om

    • mungkin sekarang jalannya sudah mulusan … 🙂
      meskipun rusak … tapi kayaknya sih tidak akan ancur ancur banget … asal tidak di hajar sepedanya kayaknya sih masih oke om, apalagi banyakan gowesnya … ada teman yang bantuin kalau ada trouble 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s