ke Puncak Patahan Lembang

batu

Membaca berita mengenai patahan Lembang membuat saya penasaran untuk datang kesana. Ketempatnya langsung. Padahal sudah beberapa kali saya gowes mendekati patahan Lembang tapi belum sekalipun naik ke puncaknya.

Sekedar info ; Patahan Lembang terjadi akibat gempa bumi hebat ribuan tahun lalu. Sehingga mengakibatkan retakan sepanjang 20-an km. Berawal dari Gunung Manglayang sampai di daerah bukit kapur Padalarang. Para ahli berpendapat bahwa patahan ini bergerak setiap tahunnya .. sekitar 4 sd 6 mm pertahun. Dan di prediksi bisa terjadi gempa besar di suatu waktu … Wallahu a’lam.
Gowes melalui Dago Bengkok 1, melalui tanjakan tanjakan yang benar benar menguras tenaga dan keringat deras bercucuran. Setelah beberapa kali pit stop .. akhirnya saya sampai di zona tanjakan terakhir sebelum masuk ke Lembang … di tanjakan ini .. motor dan mobil pun … sampai ngeden ngeden … bahkan tidak jarang suka ada kendaraan yang tidak kuat naik … Weeew … untuk melewati tanjakan ini saya harus istirahat 2X.
Di istirahat ke 2, saya berhenti di warung yang ada di belokan .. setelah mengatur napas yang ngos – ngos-an .. saya minta teh manis hangat .. lalu cemal cemil gorengan …
Tanya tanya sama penduduk yang lagi nongkrong disana .. bagaimana untuk mencapai puncak bukit batu .. berdasarkan info dari mereka saya akhirnya bisa sampai ke atas bukit.

IMG_1743

jalanan di bawah bukit batu lembang

IMG_1769

Letak gunung batu patahan Lembang ini kalau tidak salah ada di desa Langensari. Setelah melewati jalanan tanah, lalu masuk ke jalanan setapak di kebun kebun … dan ada jalanan setapak yang ke atas .. kata petani yang saya temui di kebun .. sepeda bisa saja di tuntun sampai ke daerah tebingnya ..

IMG_1776

mendekati area patahan melewati hutan pinus kecil

Setelah melewati daerah hutan pinus .. akhirnya sampai di tebing terjal … karena sepi dan saya merasa aman .. sepeda saya tinggalkan dan saya panjat tebing ke atas, ada jalurnya .. sudah ada pijakan pijakannya ….
SubhanAllah …. keren sekali .. di atas ini … angin sejuk bertiup .. pemandangan yang luas ke aras barat dan timur … cocok sekali untuk mengagumi matahari terbit dan matahari terbenam ….

IMG_1783

akses untuk memanjat ke puncak bukit

IMG_1787

view dari puncak patahan ke arah Maribaya

IMG_1793

view ke arah Bandung

IMG_1799

di sisi patahan

IMG_1810

view ke arah Lembang

patahan lembang

Saya tidak bisa berlama lama di atas sini … bagaimanapun juga saya khawatir dengan sepeda yang saya tinggalkan.
Sayang … tempat seindah ini dibiarkan begitu saja … Padahal tempat ini bisa dikelola dengan baik menjadi salah satu tujuan pariwisata alam yang sangat sangat menarik …

lembang

Koordinat Google Maps -6.830361, 107.635561
16 Agustus 2013

14 thoughts on “ke Puncak Patahan Lembang

  1. Ping-balik: Tebing Keraton…. the view.. | bersapedahan

  2. Pemandangannya keren om,…

    Tanjakannya itu juga…..sepertinya serem betul..nubi seperti saya mah cuma bisa ngeliatin dari pojokan,..hehe 😀

    • pemandangannya memang keren ,,,,, bisa langsung lihat 2 sisi … Bandung dan Lembang

      nanjak kesini pastinya ttb deh …. kecuali atlet olimpiade he he …
      tempatnya lebih mudah di akses dan sepi ,,,, gowes kesini om ,,,,

  3. Ping-balik: TEBING KERATON…. THE VIEW.. | febrians12

Tinggalkan Balasan

