Gowes ke puncak tertinggi di Bekasi

abidin

Pada saat googling ada beberapa tempat menarik di Bekasi. Salah satunya adalah area dekat Situ Abidin yang di claim sebagai tempat tertinggi di Bekasi. Tempat tertinggi … hmmm… boleh juga di gowes nih. Kalau tempat tertinggi yang terbayang seperti Puncak ciawi bogor … haha …

Setelah googling lagi .. cari cari letaknya di google maps, kemudian di buatkan rutenya untuk menuju kesana.

IMG_8759

merenung di situ

Tahapan berikutnya adalah cari teman yang mau menemani gowes kesana ..

Sejak kejadian gowes di daerah Cikedokan Bekasi ke Saung Ranggon .. saya masih agak sedikit traumatic .. Karena berdasarkan dari google maps vesi satellite terlihat akan masuk ke daerah daerah yang pelosok pelosok .. yang sepi … jadi lebih aman jika ada temannya.

Akhrirnya ada 3 teman yang siap menemani .. supaya jelas dan tidak bikin kesel … saya sampaikan bahwa kebanyakan gowwes onroad .. PP 100 km-an, target pulang jam 1 atau 2 kalau lancer … mereka bilang seeppp ..

Dari rencanan gowes berempat, om tendy mundur, hanya datang ke tikum untuk melepas kita bertiga gowes ; om ratin, om nana dan om jauhari.

Dengan bermodalkan gps kita akan menuju Situ Abidin bekasi, estimasi jarak tempuh berdasarkan google maps 51 km. Berdasakan searching di google, dikatakan area Situ Abidin adalah daerah tertinggi di Bekasi …. really … kayak puncak bogor .. hehehe

situ abidin2

situabidin

Start jam 7 dari sumber artha kalimalang. Melewati jalan jalan kecil .. lewat basecamp sepeda asem bekasi. Masuk jalan jalan kampung, keluar masuk beberapa komplek.

Nongol di jalan raya cibarusah … melewatin taman buaya cibarusah.

Akhirnya sampai daerah yang banyak sekali buat bata .. dimana mana mata memandang semuanya industry bata … jalannya, jalan tanah tapi untung tidak becek. Ketemu warung kita ngaso dulu sebentar sambil beli minuman.

Lanjut lagi .. akhirnya kita memasuki daerah pesawahan … kanan kiri sawah … sawahnya hijau .. terhampar luas …

Lalu mulai masuk area jalan yang nanjak … jalannya rolling naik turun … kadang jalan aspal, beton … batu batuan … bahkan jalanan becek dan berlumpur ..

IMG_8733

view …nya keren

IMG_8720

beberapa titik … jalanannya berlumpur

Setelah pit stop beberapa kali .. ya karena kontur jalanan yang membuat cape ..

Terus terang kalau pergi gowes sendirian ke sini … bakalan jiper … mungkin sudah dari tadi baik arah … karena banyak nemuin daerah yang sepi …. Jalanannya gak jelas … bikin ragu untuk meneruskan… dan kalau sepi begini … takut ketemu yang nggak nggak .. hehe …

Benar ini memang daerah yang tinggi …

Teman seperjalanan sudah mulai sering bertanya “berapa km lagi … ??” jawabannya selalu  “tinggal sebentar lagi ..” khawatir kalau dijawab angkanya … bikin drop …

Akhirnya sampai juga di Situ Abidin … desa Karang Mulya. Yak … 52 km .. jam menunjukkan pukul 11-an.

Situ-nya tidak terlalu besar .. dan bisa dikatakan bersih .. karena emang di daerah kampung begini jauh kemana mana. Setelah foto foto untuk mengabadikan …

IMG_8747

yang banyak pohon itu …. adalah pulaunya

IMG_8771

satu satunya warung makan di area situ

Cari cari warung nasi … akhirnya di temukan warung nasi … tempatnya enak untuk ngaso … tapi sayang makanannya kurang enak …

Terbayang … jalan pulangnya .. jauh .. melewatin jalan yang tadi … kayaknya ga oke.

Berdasarkan infomarmasi pemilik warung .. diteruskan saja … nanti sampai Delta Mas .. dan bisa lewat Kalimalang … jadi bisa lebih cepat.

Ternyata … jalanannya sih umumnya beton .. tapi rolling naik turunnya lebih parah … benar benar deh … bahkan dibeberapa tempat jalanannya hancur ….. akhirmya kita melewati Bumi Perkemahan Karang Kitri … baru tahu di sini letaknya. Sayang kelihatan bangunan2-nya tidak terawat ..

Ketika sedang istirahat yang ga tahu keberapa kali sambil regrouping … ada yang naik motor boncengan menanyakan arah dan jawaban kita tidak tahu kemana arahnya. “emang dari mana ….?” kata si pemotor, “kita dari Jakarta Timur” ….”apaaaa …. kita aja yang naik motor sudah pegel begini ….” kita hanya bisa cengar cengir aja …. ga tahu harus merasa keren atau bloon … he he …

Kita sampai di satu daerah … melihat hamparan sawah di bawah … “hei … kayaknya ini dia daerah tertinggi di Bekasi, ayo kita foto foto ..”

IMG_8781

kayaknya ini adalah spot tertinggi … makanya foto2 dulu

Setelah foto foto .. lanjut lagi … dan tetap jalanannya rolling naik turun … kadang turunannya curam dan nanjaknya juga curam …. yang paling parah … di jam 1-an ini … puanasnya minta ampun … panas daerah tipikal Cikarang.. sampai bikin kepala sakit …, memasuki area pesawahan jalanannya datar … tidak ada pepohonan … serasa di panggang .. he he …

Tidak tahu … sudah beberapa kali pit stop … selain karena tanjakan tanjakan dan juga harus melawan panas … om Nana mulai keteteran …

IMG_8795

merasakan sengatan matahari siang cikarang

Setelah melewati beberapa kali perjuangan … akhirnya sampai di daerah Delta Mas, jam sudah menunjukkan jam 3-an sore.

Waktu di tawarkan ke forum untuk lanjut pakai truk ..

Berhubung sudah semakin sore … panasnya minta ampun, tenaga sudah terkuras habis, mental sudah drop … akhirnya kita bilang “ mau .. mau .. mau ”

Di putuskan untuk mencari truk … setelah beberapa kali gagal .. akhirnya kita menemukan angkot angkot yang ngetem …

Om Nana yang kelihatanya kalem ternyata memiliki skill yang terpendam, om Nana mengeluarkan segenap keahliaannya untuk melakukan negosiasi … dan sedikit memelas … akhirnya mentok mentok di 250 ribu … termasuk tol di tanggung sopir dari Delta Mas sampai Pondok Kelapa.

IMG_8822

loading di angkot

Sudah deh .. sepeda di loading ke angkot .. dan butuh waktu satu jam kurang sudah sampai di pintu exit tol Pondok Kelapa Bintara.

Dan akhirnya sampai rumah jam 4.30-an.

IMG_8825

turun dari angkot … sudah dekat ke rumah

Koordinat google maps Situ Abidin -6.464663, 107.168223

Horeeee …..

Alhamdulillah

Minggu 9 Juni 2013

Iklan

13 thoughts on “Gowes ke puncak tertinggi di Bekasi

  1. Dari rumah 35km om! Klo mau blusukan banyak tempat yang bisa di jelajah. Saya senin kemarin ke situ abidin naik federal juga om #fadrangers

  2. Salam kenal om.
    mantap gowesnya, September 2015 kemarin pas gowes ke Curug Ciomas/Tonjong ngelewatin jl yg mau ke situ abidin, dari kejauhan kelihatan situnya kering.

    • salam kenal juga om uhan …
      waaa kalau musim kemarau … sampai kering begitu .. bisa dipakai main bola kali ya … 🙂

      saya belum pernah ke curug ciomas … kapan2 saya kesana juga ah … thanks infonya ya om …

    • kalau waktu yang saya lalui sih, kondisinya (kurang lebih) 75% jalanan aspal lumayan bagus, 20% aspal jelek dan 2% single track dan 3% jalan tanah …
      sebetulnya tergantung jalan yang dipilih sih .. bisa piih yang 100% aspal juga bisa (campuran aspal bagus dan jelek) .. sikattt aja om ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s