Gowes Sidak Katulampa Bogor

 

katu

Sering banget mendengar dan melihat berita bendungan Katulampa Bogor, apalagi pada saat musim banjir Jakarta.

Akhirnya saya tekadkan untuk melakukan inspeksi ke bendungan tersebut. Melihat kondisi yang sebenarnya terjadi .. jangan hanya berdasarkan berita berita saja … hehehe

Berhubung gps holux rusak, saya lihat ancer ancernya dari google maps dan rute rute yang harus di lalui. Saya catat nama daerah daerah yang harus di lalui, jadi kalau tersesat tinggal bertanya nama daerahnya maksudnya sih begitu.

Start dari pondok kelapa jam 6-an, melalui bukit golf cibubur, tanya tukang roti dan satpam akhirnya menembus gang masuk perkampungan dan akhirnya masuk ke jalanan desa.
Sampai di daerah cibinong, saingannya truk truk besar dan debu debu … gile banget dah … apalagi jalanannya berlubang lubang … masuk kategori off road kalau begini….
Selepas cibinong menuju sirkuit sentul jalanan relatif sepi dan lumayan mulus. Akhirnya sampai Bellanova Sentul sekitar jam 9-an dengan jarak tempuh 40-an km.

Lewati tempat wisata kuliner baru – pasar Ah Poong Sentul – sudah ramai orang2 yang berdatangan. Tanya tukang parkir, akhirnya di tunjukkan jembatan kampung untuk menyebrang sungai. Masuk gang gang kecil akhirnya kembali masuk jalanan desa, Tanya orang beberapa kali .. akhirnya menyusuri jalanan di pinggir tol.

Pasar Ahpoong

pasar ah poong sentul

Masih didaerah sekitar bogor (lepas dari sentul) di pinggir jalan agak kebawah ada tempat teduh sepi dan keren … tergoda untuk istirahat dan foto foto disini.

IMG_7182

sungai di perjalanan menuju katulampa

Dan … sampai juga di bendungan Katulampa. Ternyata .. eh ternyata .. Katulampa itu dekat banget dengan gerbang tol di ujung tol Jagorawi. Jadi kalau masuk tol dari arah Puncak menuju Jakarta, pada saat sebelum ke gerbang tol melewati sungai … lihat kearah sebelah kiri .. di ujungnya sudah terlihat Bendungan Katulampa.

IMG_7219

menyebrang ke kampung sebelah

IMG_7213

debit airnya kecil … kalau musim hujan sangat bergemuruh pastinya

Kondisi bendungan yang diresmikan pada jaman Hindia Belanda 11 Oktober 1912, terawat dengan baik. Bagaimana tidak … karena bendungan ini penting banget untuk kota Jakarta, dulu dibuat untuk mengendalikan banjir di Jakarta, tapi sekarang kondisinya untuk memonitor dan memprediksi kapan Jakarta akan banjir … hehehe.

IMG_7250

ketinggian air aman ….

IMG_7230

pertigaan di bendungan katulampa

Setelah melakukan inspeksi, pengamatan dan melihat sana sini dan juga foto foto serta analisa. Akhirnya …. saya putuskan bahwa air di Katulampa dalam posisi normal … Jakarta aman.

Mampir istrirahat di warung dekat bendungan, sapa 2 pesepeda yang ada disana. Sambil nunggu bakso datang, dari percakapan kedua pesepeda tersebut juga ternyata baru saling kenal disana … dan asyiknya .. keduanya saling membanggakan teman temannya di dunia persepedahan … ada juga nama teman yang saya kenal disebut sebut … wah hebat juga teman saya itu ya … menjadi kebanggaan orang lain.

Pulang dari Katulampa jam 11-an, panas terik ..
Di perjalanan pulang di sungai kecil dekat perumahan ada juga yang rafting disini ..

IMG_7264

ada yang bermain rafting di sungai kecil yang mengarah ke sentul

Melewati Cibinong di panas terik plus bonus debu debu yang berterbangan menemani perjalanan pulang ini .. gowes pulang ini terasa berat banget … lunglai.

Sampai rumah jam 3-an dengan total km 110-an.

katulampa

Koordinat google maps -6.633160, 106.837023

11 maret 2013

Iklan

7 thoughts on “Gowes Sidak Katulampa Bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s