Terpenuhi Sudah .. Palintang Maribaya

palin

Agak ragu2 … Ke palintang ga .. ya..? atau yang deket2 aja….

Semuanya berkecamuk dalam hati yang gundah

Tapi kalau bukan sekarang kapan ?

Kalau bukan saya siapa ?

Akhirnya ..saya mantafkan tekad saya … berangkat …

Sebelumnya sudah saya survey dulu jalan ke palintang maribaya ini pakai kendaraan, aman tidak untuk di gowes sendirian. Maklum … kalau terlalu sepi .. takut ketemu orang … hehe .. merasa ga aman aja gitu ..

Start dari rumah  orang tua di sukaluyu bandung jam 6 pagi. Gowes santai pagi pagi .. jalanan belum begitu rame, tidak terlihat arus balik lebaran 2012 .. dan ketemu beberapa goweser yang ke arah berlawan cukup banyak.

30 menit kemudian sudah sampai alun alun ujungberung. Dimulailah tanjakan tanjakan panjang, naik dari Cigending .. terus nanjak .. terus nanjak ..nanjak, tanjakannya awal awal ini .. curam. Gowes semakin santai .. nikmatin tanjakan terjal ini. Akhirnya sampai puncak bukit pertama … lumajan ..

rehat pertama

Di kasih bonus turunan … cihuiiii .. jalanan mulai bolong bolong, berbatu batu .. melewatin kampung kampung .. tetep .. nanjak..

Tanjakan yang paling melahkan yang bikin drop adalah tanjakan di daerah hutan pinus .. tanjakannya sih tidak terjal .. tapi tenaga sudah drop .. drop .. oh ..

rehat lagi di hutan pinus

Ketemu seorang penggowes pakai giant  yang sedang istirahat di warung … “ hai .. duluan om “ keren amat saya ya  .. kesannya kuat banget tetep gowes

Tapi tidak bertahan lama saudara saudara .. saya bener bener capegggh .. oh .. ada warung langsung melipir tanpa berpikir tiga kali lagi … rehat .. ngos ngos-an …  nenek penjaga warungnya agak budeg .. hehe .. susah juga komunikasinya .. saya inginnya di layani customer service lain .. tapi tidak ada… dengan sedikit perjuangan .. akhirnya dapat teh manis hangat..

Sambil kumpulin tenaga .. si giant lewat .. gowes nyantai.

Lalu saya lanjut lagi … melewatin jalanan di pinggir pinggir gunung, di sebelah kanan tebing dan sebelah kiri jurang .. seru … mulai banyak motor motor .. bocengan yang lewat, kayaknya mau wisata ke daerah lembang, mobil jarang banget yang lewat.

tipikal jalan … menyusuri lereng gunung

jalanan nanjak melingkar lingkar

Ayo sedikit lagi .. sedikit lagi, akhirnya … sampai jualah di puncak bukit .. di sini ada bekas warung bandrek tapi tutup, abis traffic-nya sepi sih .. tidak nutup biaya operasional ..

Alhamdulillah … 2,5 jam gowes dari alun alun ujung berung sampai sini.

sayang … warban-nya sudah tutup … tidak bisa ngaso disini

Karena tidak ada sertifikat makanya foto foto lagi sebagai bukti valid yang dapat di ajukan.

Kalau mau offroad, dari sini bisa di lanjutkan ke single track dan turun ke arah ujung berung lagi, melewati hutan pinus dan kebun kebun.

Dari sini mulailah turunan jalanan aspal berbatu batu .. melewati perkebunan kina, meluncur lumayan kencang sekitar speed 30 km-an. Hardtail Venzo ini ok-lah, sekelas frame premium untuk kelas low med.

jalanan melintasi perkebunan kina

Sampai juga di Pertigaan Wisata Pabrik Kina Bukit Unggul.. Perlu bukti .. saya foto dulu ..

Pertigaan ke tempat wisata Bukit Unggul

Turun lagi terus .. ke bawah .. akhirnya sampai di daerah wisata air terjun maribaya. Tempat wisatanya tidak begitu ramai, mungkin orang orang sudah balik ke tempat masing masing. Tapi masih ada bis bis yang berdatangan.

Dari sini .. dimulai lagi .. perjuangan ..  nanjak .. booo .. terjal lagi dan cukup panjang .. tenaga sudah habis gini. Wuaaaaaa …. Pelan pelan banget .. ngerayap naik.sampai juga di perempatan ke dago bengkok. Pilih yang lurus ajalah .. nanti tidak ada tanjakan lagi …

Gambar

ngaso di bawah pohon rindang di tanjakan Maribaya

Ya .. lupa .. tahunya harus mendaki lagi satu bukit … beli dulu minuman ..  tancep lagi .. ngengggg .. ngerayap lagi …. Kuat ga ya .. panas terik jam 10.30-an .. sampai juga di atas bukit .. dan … geber ke bawah … sampai 40-an km .. hehe ..

Pulang lewat lapangan golf dago, ketemu banyak penggowes yang turun ke bawah, kayaknya mereka dari warban dago .. pada ngelihat heran .. ngapain siang siang gini baru nanjak mau ke warban … he he  .. lagi pulang nih ..  nanjak alus .. sampai lapangan golf .. dan akhirnya turun lagi ke bawah.

Alhamdulillah … tiba juga di rumah dengan selamat jam 11.30-an. Total gowes 43,55 km selama 5,5 jam … enak bangeeet