Ber-Gowes Cilacap Ber-Liburan

cilacap

Saatnya liburan kenaikan kelas … berdasarkan berbagai pertimbangan, mencari tempat liburan yang tidak ramai, apalagi di musim liburan anak2 sekolah, maka di pilihlah Cilacap, kota kecil di perbatasan Jawa Tengah. Orang lebih mengenal Cilacap karena pulau Nusakambangan-nya. Cilacap .. selain tidak ramai .. artinya tidak macet, dan disana ada beberapa tempat wisata yang lokasinya berdekatan. Wisata pantai (ada beberapa pantai) dan sejarah, karena disana ada beberapa benteng. Selain itu juga …. penasaran dengan pulau Nusakambangan-nya.

Ini adalah kali pertama kami ke Cilacap. Sekalian liburan keluarga, saya membawa sepeda lipat supaya mudah untuk masuk kendaraan.

Pergi dari Jakarta subuh, perjalanan lancar … tapi ketemu banyak petouring motor dari berbagai komunitas yang mengarah ke Pangandaran … sepertinya disana ada acara kumpulnya komunitas motor. Akhirnya sampai di Cilacap menjelang sore. Hari pertama … seharin penuh sampai malam di pakai berjalan jalan ketempat tempat wisata.

Di hari ketiga …. rencana pergi ketempat wisata start jam 9 pagi, ada waktu di pagi hari untuk bersapedahan dulu. Saya menyempatkan pagi pagi bangun dari hotel sebelum jam 6 pagi dan menggowes menyusuri area pantai Teluk Penyu. Suasana masih pagi …. pantai sepi dan matahari mulai muncul di ufuk timur. Indah sekali suasananya …

IMG_1387

menikmati pagi di pantai Teluk Penyu

IMG_1395

menunggu sun rise

Setelah menikmati sunrise … saya mendekat ke Benteng Pendem peninggalan Belanda. Benteng ini lokasinya di pinggir pantai Teluk Penyu. Di hari pertama sampai Cilacap, di sore hari menjelang maghrib kami sekeluarga menyempatkan diri masuk ke dalam benteng ini. Benteng-nya lumayan besar … di bagian dalamnya ada sungai yang mengelilingi benteng … khas benteng2 zaman dahulu. Karena sebagian besar bagian dari benteng ini ditutupi oleh tanah .. maka disebutlah benteng Pendem. Kebersihannya terawat dan guide-nya sangat menyenangkan, pandai bercerita membuat anak2 senang.

IMG_1415

benteng pendem di tepi pantai teluk penyu

IMG_0745a

bagian benteng untuk penjaga sekaligus untuk menembak musuh

Dari benteng ini, kemudian mengarah ke sisi muara (atau selat) yang memisahkan Cilacap dan Nusakambangan. Dari sini ini terlihat jelas Pulau Nusakambangan. Di hari kedua, kami berwisata ke pulau Nusakambangan. Yang dibuka untuk umum adalah di bagian ujung pulau yang ada benteng peninggalan Portugis. Tadinya sih ingin melihat lapas-nya, tapi diharuskan membawa surat izin …. ya tidak jadi kesana. Ternyata pulau ini hutannya sangat lebat, jadi sulit sekali untuk menembus dari sisi sini ke tempat lapasnya. Kata guide yang membawa kami, masih banyak sekali binatang buas di pulau tersebut.

IMG_1431a

di tanggul muara yang berseberangan dengan Nusakambangan

IMG_0885a

sisa sisa benteng Portugis di pulau Nusakambangan

IMG_1026a

pantai pasir putih di pulau Nusakambangan

Di pulau Nusakambangan terdapat pantai pasir putih … kalau pantai Teluk Penyu pasirnya berwarna coklat. Dinamakan Teluk Penyu . artinya dulu disini banyak penyu … sekarang …. tidak tersisa sama sekali ..

Setelah puas2 melihat di sisi ini, saya arahkan kayuhan ke sisi pantai yang lain, pantainya landai dan ombaknya tidak terlalu besar.

IMG_1460a

yang terlihat di kejauhan adalah pulau Nusakambangan

karena waktu sudah injury time .. mendekati jam 9, saya gowes berputar sambil melihat sisi pantai lain dan kemudian mengarah ke hotel.

IMG_1484

nelayan yang hendak melaut

IMG_1488a

ada juga hamparan sawah di dekat pantai Cilacap

Enak bangeeet sepedahan pagi pagi di tepi pantai ..  laut yang bersih dan segaaar ..

Jalanan di kota cilacap yang sepi dan lengang meskipun di hari senin pagi begini, tidak seperti di Jakarta …
Gowes di Cilacap bisa melihat kehidupan nelayan beserta perahu perahu-nya serta kita juga bisa menggowes di area pesawahan yang hijau … asyiklah pokoke.

cilacapmaps

nuskammaps

Koordinat google maps Pantai Teluk Penyu Cilacap -7.749857, 109.019789

Koordinat google maps Benteng Pendem Cilacap -7.749080, 109.016840

Cilacap Senin 8 Juli 2012

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s